Pelayanan Terhadap Konsumen | Pelayanan konsumen adalah salah satu dari produk jasa atau bagaimana sebagai seorang yang menghasilkan produk akan melayani ketika ada konsumen yang membeli produknya. Pelayanan yang bagus memliki reputasi yang bagus di mata konsumen sehingga konsumen akan membeli dan menggunakan jasanya lagi dan sebaliknya jika pelayanan yang buruk akan mengecewakan konsumen. Dalam berjualan atau menjual jasa pun sama, sebagai seorang pengusaha harus paham pelayanan adalah nyawa bisnisnya. Nah di artikel ini saya akan memberikan penjelasan beberapa TINGKATAN PELAYANAN TERHADAP KONSUMEN, ok guys mari kita simak bersama:

Pelayanan Terhadap Konsumen

 

Berikut level pelayanan terhadap konsumen

1. Level 1 Pelayanan Sangat buruk

Pelayanan pada tingkat ini konsumen akan membayar jumlah uang yang lebih besar dari apa yang diterimanya, dan boleh dikatakan pelayanan buruk karena sangat mengecewakan, misalnya : Ada seorang penumpang yang menggunakan jasa transportasi taxi, supir taxi tersebut berbadan bau dan bau ketek pula karena 1 minggu tidak mandi, kemudian AC taxi mati, diperparah dengan sopir yang tidak tahu jalan lalu membawa mobil ugal-ugalan sehingga sampai tujuan tidak tepat waktu, rugi uang dan rugi waktu.

2. Level 2 pelayanan buruk

Pelayanan pada tingkat ini konsumen akan membayar jumlah uang yang sama dengan apa yang diterimanya atau standart dan tidak ada yang istimewa namun ada peningkatan pelayanan dari pelayanan LEVEL 1, misalnya: Sopir taxi tadi sudah mandi namun kondisi AC dimatiin karena saking hematnya dan mengerti global warning sehingga AC sengaja dimatiin atau rusak didiemin aja, penumpang yang merasa gerah hanya bisa mengandalkan AC alami yang sepoi-sepoi, membawa mobil santai namun masih menanyakan kepada penumpang jalan yang dituju dan ketika sampai tujuan telat.

3. Level 3 Pelayanan Standar

Pelayanan pada level ini penumpang mendapatkan pelayanan sesuai dengan apa yang dia bayar, misalnya: sopir taxi tadi sudah mandi kondisi AC menyala, membawa mobil dengan hati-hati dan sampai tujuan dengan tepat waktu meskipun melalui jalan yang macet, penumpang menganggap pelayanan standart.

4. Level 4 Pelayanan Bagus

Pelayanan pada tingkat ini konsumen akan membayar jumlah uang yang lebih sedikit dengan apa yang diterimanya atau lebih dari standart, sopir taxi tidak hanya sudah mandi namun wangi karena mandi kembang tujuh rupa, mobil diberi wewangian, sopir mulai menyapa, tahu jalan yang dituju dan kondisi AC menyala alias ON, penumpang mulai merasa nyaman sehingga tidur pulas di dalam mobil dan tahu-tahu sudah sampai.

5. Level 5 Pelayanan Istimewa

Pelayanan pada level ini konsumen akan merasa seperti raja atau ratu karene ketika penumpang datang, si sopir akan menyapa, membukakan pintu, membantu membawa koper atau tas, mobil bau wangi melati dan berAC yang bisa di setel tingkat dinginnya, menawarkan music yang disukai penumpang, memberi tips jika melewati rute jarak jauh atau luar kota, tahu rute jalan yang tidak macet sehingga tiba dengan cepat, dan memberikan kartu nama sehingga bisa memesan lagi dikemudian hari.

Pertanyaannya, dimanakah level pelayanan Anda? Sudah Profesionalkah?

Demikian tingkatan pelayanan terhadap konsumen jika Anda memberi sesuatu yang lebih dari konsumen butuhkan itu adalah nilai tambah Anda di mata konsumen, semoga dengan ulasan ini bermanfaat dan jika yang membaca adalah seorang pengusaha akan instropeksi terhadap pelayanan bisnisnya karena kepusan pelanggan adalah investasi. Investasi yang baik akan memberikan hasil yan baik dikemudian hari karena Customer akan kembali menghubungi Anda.

“Jika apa yang ingin kamu lakukan terhadap dirimu lakukan terhadap orang lain, Jika tidak ingin terjadi kepadamu jangan lakukan ke orang lain.”

 

Salam Sukses | Rakitawebsite.com

Please follow and like us: