Penyebab Website Lemot | Mempunyai website adalah impian bagi sebagian pebisnis maupun berbagai instansi untuk memperkenalkan Profile Perusahaan atau mempromosikan produk mereka. Website yang baik dan profesional serta enak dilihat akan menambah brand Perusahaan atau merk Produk dan Jasa.

Nah apa jadinya setelah website Anda mempunyai tampilan yang elegan dan SEO friendly namun loading website Anda sangat lemot sehingga untuk menampilkan informasi tentang website Anda pengunjung akan kesal dan memutuskan untuk cancel atau beralih ke situs lain yang merupakan pesaing Anda. Wah gawat!!!

penyebab website lemot

Penyebab Website Lemot

Agar hal tersebut tidak terjadi perhatikan hal ini :

1. Hosting

Penyedia hosting yang handal mempunyai server yang handal sehingga jarang terjadi masalah yang berakibat pada performa website Anda. Pilihlah hosting yang memiliki pelayanan dan sudah teruji handal saya sendiri sudah berlangganan dengan id webhost dan tidak pernah terjadi masalah. Pilihlah paket hosting sesuI kebutuhan jika website Anda memiliki banyak konten nantinya pilihlah paket yang memiliki space bandwidth yang besar.

2. Tema Website

Jika tema website Anda terlalu banyak javascript atau flashplayer untuk menampilkan pesan pop up ataupun iklan mengakibatkan loading website Anda lemot. Gunakan kode javascript secukupnya misalnya untuk gambar slider home website Anda. Jika website Anda masih menggunakan script tabel maka saya sarankan ganti dengan tag div agar lebih kompatibel dengan browser saat ini.

3. Iklan

Penggunaan Iklan yang terlalu banyak juga akan membuat website Anda lemot karena untuk menampilkan iklan mereka membutuhkan transfer data sesuai besarnya ukuran iklan tersebut. Jika memang iklan – iklan tersebut memberi banyak keuntungan sebaiknya gunakan jasa hosting yang handal dan website Anda memiliki bandwidth yang besar pula. Saya sarankan gunakan domain local misalnya websiteanda.co.id karena domain ini memiliki server local.

4. Gambar

Nah jika Anda akan upload gambar original dari handphone atau kamera sebaiknya dikompres dulu agar ukurannya mengecil, usahakan sampai ukuran puluhan Kb saja tapi jika ukuran asli sampai 1 Mb lebih usahan sampai ratusan Kb, gunakan software seperti photoshop.

5. Plugin

Jika Anda pengguna wordpress usahan gunakan plugin seperlunya saja,  hapus plugin yang membuat lemot dan tidak terlalu diperlukan. Gunakan plugin yang mendukung SEO website Anda.

6. Bandwidth

Seperti point 3, Semakin besar trafik maka semakin besar bandwidth yang berkurang terlebih website Anda telah teroptimasi SEO sehingga halaman web Anda banyak lalu lintas pengunjung yang datang. Jika memang Anda serius mengembangkan website Anda gunakan hosting dan paket bandwidth yang besar.

Nah demikian faktor yang membuat website Anda lemot. Optimasi website Anda agar tetap nyaman dikunjungi.

Salam Sukses | Rakitawebsite.com

Please follow and like us: