Pengertian http – Setiap anda menggunakan internet dan mengetik sebuah alamat website tentu akan menjumpai adanya HTTP, karena huruf tersebut sudah tidak asing lagi bagi para pengguna internet jika Anda memperhatikannya.

Saat Anda membuka sebuah alamat website akan muncul awalan yang berupa HTTP, namun juga tidak semuanya ada. Tak jarang juga muncul tulisan HTTPS hal tersebut tentu membuat orang yang belum mengerti apa itu HTTP bertanya-tanya dan penasaran mulai dari artinya sampai fungsinya di dalam dunia internet.

pengertian http

Nah pada artikel kali ini kami akan membahas mulai dari pengertian, fungsi, cara kerjanya sampai perbedaannya dengan HTTPS. Oleh karena itu bagi anda yang penasaran dapat menyimak artikel ini.

 

Pengertian http

HTTP adalah singkatan dari Hypertext Transfer Protocol yang merupakan istilah yang di berikan pada sebuah protocol yang di gunakan untuk mengirim sebuah dokumen dari WWW ( World Wide Web). HTTP ini juga memiliki istilah lainnya yaitu sebagai protocol jaringan untuk sebuah pendistribusian system informasi hypermedia secara kolaboratif. Sejarah awal penggunaan protocol HTTP ini sejak tahun 1990, dan pada waktu itu HTTP yang di gunakan menggunakan versi 0.9 dan itupun masih berupa bahan mentahan protocol transfer data. Artinya data tersebut di kirimkan tanpa harus melihat dokumen yang di kirimkan. Namun di tahun 1996 tepatnya 6 tahun sebelum awal penggunaannya protocol HTTP ini semakin berkembangdan saat itu berubah menjadi versi 1.0 dan pada versi tersebut terus di lakukan perkembangan sampai pada tahun 1999 versi 1.1 di luncurkan dan sudah mengakomodasi proxy, cache, dan koneksi yang persistem.

Mungkin bagi anda pengguna baru internet akan menyadari di setiap halaman website yang anda ketik akan muncuk HTTP. Karena dengan menggunakan protocol HTTP ini layanan web anda dapat berjalanan. Untuk variasi sendiri HTTP ini memiliki variasi yaitu HTTPS.

Untuk fungsi utama dari HTTP ini terbilang cukup sederhana yaitu adalah untuk mengkomunikasikan mulai dari satu computer ke computer lainnya. Dan protocol  ini bisa kita samakan seperti sebuah perintah yang harus di jalankan di setiap komputer hal tersebut bertujuan agar nantinya dapat mengirim dan menerima pesan. Jenis protocol ternyata tidak hanya HTTP saja tetapi juga terdapat protocol lainnya seperti SMTP, FTP, IMAP atau POP3 namun untuk penggunaannya HTTP ini lebih banyak di gunakan. HTTP juga memiliki fungsi lain yaitu untuk menentukan sebuah data atau pesan dapat di transmisikan maupun di format menjadi bentuk yang bisa merespon browser supaya menampilkan data-data tersebut. Di sini internet engineering task force sudah bekerja sama dengan world wide web consortium untuk melakukan pengembangan HTTP sehingga nantinya dapat berfungsi untuk mengambil interlink dokumen teks yang telah di sediakan oleh web dan untuk mendapatkan akses sumber daya melalui web dengan cara menggunakan URL (Uniform Resource Locator)

Secara singkat, cara kerja HTTP dapat dijabarkan sebagai berikut :

Untuk HTTP ini tentu memiliki cara kerja yaitu sebagai berikut :

  1. Hal pertama yang di kerjakan adalah komputer klien atau HTTP klien membuat sambunganterlebih dahulu lalu setelah itu permintaan dokumen ke web server di kirimkan.
  2. Selanjutnya HTTP server akan memproses permintaan klien sementara itu di sisi lain HTTP klien menunggu respon dari server tersebut.
  3. Setelah itu web master akan merespon permintaan dengan kode status data, lalu barulah menutup sambungan ketika telah selesai memproses permintaan. Namun pada dasarnya dalam kasus HTP ini client lebih awal melakukan permintaan data kepada server lalu kemudian server mengirimkan sebuah respon berupa file HTML yang di tampilkan dia dalam browser ataupun data lainnya yang di minta oleh klien. Sementara untuk HTTPS bekerja dengan menggunakan sublayer berupa SSL atau TLS tentunya hal ini berbeda dengan HTTP yang hanya memiliki aplikasi layer biasa. Oleh karena itu HTTPS sering juga di sebut sebagai kombinasi dai HTP dan SSL/TLS.

 

Baca artikel menarik lainnya :

 

Lihat video menarik berikut :

 

Demikian informasi tentang pengertian http & cara kerjanya, jika artikel ini bermanfaat silahkan share supaya ilmu yang Anda juga bermanfaat juga untuk orang lain.

Salam Sukses – Rakitawebsite.com

Please follow and like us: